Gelar Tanam Perdana PSR, KJSU CARYATA' Luwu Timur Tuai Apresiasi

Gelar Tanam Perdana PSR, KJSU CARYATA' Luwu Timur Tuai Apresiasi

LUWU TIMUR – Bupati Luwu Timur, Muh. Thoriq Husler menghadiri kegiatan penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang di laksanakan Koperasi Jasa Serba Usaha (KJSU) Carya Anugrah Tani (CAT) di Dusun Beringin, Desa Tawakua, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, Selasa (15/09/2020).

Selain Bupati Luwu Timur, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPW Apkasindo Provinsi Sulsel H. Badar, anggota DPRD Luwu Timur, Najamuddin, Plt Kadus Pertanian, Amrullah, Camat Angkona serta para Kepala Desa yang masuk wilayahnya dalam kegiatan PSR tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Luwu Timur, Muhammad Thoriq Husler, atas nama pemerintah daerah (Pemda) sangat mengapresiasi program PSR ini dan meminta kepada petani untuk memanfaatkan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang sementara berjalan tersebut.

"Manfaakan program ini dengan baik, dimana program ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani," kata Husler.

Sementara itu, Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Sulawesi Selatan, H. Badar juga mengapresiasi tanam perdana KJSU Carya Anugrah Tani.

"Dalam Program PSR ini merupakan tanam perdana tercepat di Indonesia, terhitung baru seminggu dana PSR dicairkan proses tanam perdana lansgung dilaksanakan," ungkap H. Badar.

Lebih lanjut, bibit yang akan ditanam merupakan bibit unggul yang sudah tersertifikasi, sembilan bulan pasca tanam sudah mengeluarkan bunga.

Dihimpun beberapa sumber diketahui KJSU Carya Anugrah Tani, mengakomodir sekira 474 hektar lahan petani di bagi tiga tahap.

Diantaranya untuk tahap I sebanyak 151,9 hektare, tahap II sebanyak 104,5 Hektar dan tahap III sebanyak 219,39 hektare.

Dimana lokasi ini berada di 7 Kecamatan diantaranya Kecamatan Mangkutana, Angkona, Nuha, Wasuponda, Burau, Wotu dan Kecamatan Tomoni, terbagi di 20 Desa.

Sementara untuk lokasi yang telah siap untuk dilakukan penanaman seluas 151, 56 hektare (tahap I) dengan jumlah bibit sebanyak 22.734 pohon plus pupuk.(***)